Jumat, 30 November 2012

BAB6 SOFTSKILL


PERANAN DAN DAMPAK DARI ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI

A.Peranan Ilmu Alamiah dan Teknologi

Ilmu alamiah murni tidak secara langsung mempunyai peranan dalam kehidupan manusia, tetapi ilmu murni dan ilmu terapan (teknologi) mempunyai hubungan yang erat. Dari konsep ilmu murni dapat dikembangkan ilmu terapan. Sebaliknya, teknologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan penemuan-penemuannya kepada prinsip atau hukum-hukum baru, dst.
Pada mulanya antara ilmu alamiah dan teknologi tidak selalu berkaitan, misalnya jaman dulu manusia membuat perahu, belum mengenal teknologi. Pada zaman modern, untuk membuat kapal, arang harus menguasai ilmu murni, hukum archimedes, konstruksi baja, dsb agar kapal tidak tenggelam dan dpt mengarungi lautan.
Peranan Ilmu Alamiah dan Teknologi, lebih rinci diulas :
1.Materi
Manusia dalam hidup memerlukan materi biotis dan nonbiotis. Biotis dari bahan benda hidup berupa protein, sedang nonbiotis mulai dari oksigen sampai benda yang digunakan sehari-hari dari hasil olahan teknologi, misal besi menjadi kendaraan atau benda lain.
2.Energi
Dikehidupan manusia modern, penggunaan energi semakin meluas, kecuali dalam industri dan trasportasi. Energi berwujud berbagai bentuk, yakni dalam bentuk panas, gerak/ mekanik, cahaya, kimia, nuklir, dsb. Energi juga dapat berubah bentuk, misalnya dari energi panas mjd mekanik, dsb. Energi adalah kekal (tidak hilang), yang terjadi hanya perubahan bentuk energi.

Energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalh energi listrik. Banyak dipakai di negara maju yaitu energi nuklir.
a. Energi Listri
Prinsip Pembangkit Listrik Tenaga Air
2)Prinsip Pembangkit Listrik Tenaga Diesel
3)Prinsip Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
4)Komputer
a) Telepon Ensiklopedia
b) Robot Pelayanan Rumah Tangga
c) Nasehat dokter melalui telepon
d) Berbelanja melalui telepon/ internet
e) Pusat informatika
f) Komputer simulasi
g) Robot pekerja
h) Robot untuk percobaan ilmiah
i) Komputer analisi untuk berbagai keperluan
b. Energi Nuklir
Sifat –sifat umum sinar zat radioaktif :
1) Pengaruh Radiasi Terhadap Makhluk Hidup
a) Kematian
b) Hambatan pertumbuhan
c) Perubahan sifat-sifat genetis


http://labdakwah.blogspot.com/2010/02/peranan-dan-dampak-dari-ilmu-alamiah.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar