LATAR BELAKANG
Dengan didasari pada perkembangan trend fashion anak muda
pada saat ini, saya mencoba memanfaatkan peluang yang ada. Maka saya berniat
menginovasikan suatu produk yang sudah tidak asing tentunya dengan sentuhan
berbeda untuk diproduksi dan saya berharap dapat dipasarkan. Produk tersebut
adalah aksesoris berupa gelang tangan, yang diberi nama “Star Bangle”
MAKSUD &
TUJUAN
Maksud dan tujuannya adalah untuk mencari dan mendapat keuntungan.
Dengan kemampuan yang kreatif untuk membuat produk yang berbeda dan dengan
tampilan menarik, maka diharapkan produk “Star Bangle” dapat menarik perhatian konsumen khususnya
kalangan anak muda. Dengan style yang inovatif “Star Bangle” bukan saja sebagi
aksesoris biasa melainkan dapat menjadi suatu kebutuhan sebagai pelengkap gaya
hidup.
Jenis Usaha
“Star Bangle” adalah sebuah produk yang
bergerak dibidang fashion. Produk ini dapat digunakan bukan dengan kaum wanita saja
tetapi dapat digunakan juga oleh kaum pria. Produk yang sudah tidak asing
dikalangan masyarakat namun dikemas dengan tampilan berbeda membuat produk
tersebut lebih menarik dan berbeda. Dengan memanfaatkan peluang yang ada
diharapkan usaha ini dapat berkembang.
Berikut
adalah langkah-langkah yang harus dijalankan untuk memperkenalkan produk “Star
Bangle” :
·
Perencanaan membuat produk “Star Bangle” yang akan dipasarkan
·
Mengadakan survei atau penelitian kepada konsumen dalam sebuah kuisioner
untuk mengetahui selera mayoritas konsumen khususnya anak muda.
·
Dengan membuat beberapa sample produk dan dibagikan secara gratis (promosi)
kepada konsumen yang dapat mewakili selera konsumen pada umumnya hal ini
dimaksudkan untuk mengetahui respon konsumen secara langsung. Dengan demikian
hasil yang diperoleh dapat digunakan untuk mengembangkan inovasi produk “Star Bangle”.
·
Lounching produk
·
Melakukan strategi pemasaran dengan cara
-
Menjual langsung kepada konsumen ( personal selling)
-
Mengadakan pameran produk
-
Memasarkan dan
menjalin kerja sama terhadap para reseller untuk memperluas pemasaran produk
-
Memberikan diskon
atau berbagai macam kegiatan promosi untuk menarik pelanggan
Strategi
Pemasaran
Produk yang ditawarkan merupkan jenis produk dengan
harga yang terjangkau.
·
Membuat jaringan usaha yang dapat mendukung kegiatan
bisnis.
·
Menciptakan produk dengan inovasi yang berbeda dan
menarik.
·
Memberikan kualitas pelayanan kepada Strategi konsumen
merupakan hal yang paling penting.
·
Membuat media pemasaran (facebook, twitter,
instagram)
SWOT
·
Strength
(kekuatan)
Produk
dengan desain yang berbeda membuat tampilan lebih menarik dengan harga yang
terjangkau.
·
Weaknessens
(kelemahan)
Produk tergolong dalam barang yang tidak
habis pakai.
·
Opportunities
(peluang)
Variasi produk yang menarik, bahan
pembuatan produk yang mudah didapat, serta kondisi pasar pada dunia fashion.
·
Threats
(ancaman)
Selera konsumen yang bervariasi, banyaknya
pesaing dengan bisnis yang sama dibidang fashion.
Penutup
Demikian
proposal ini saya buat dengan harapan dukungan dari Bapa selaku pimpinan
perusahaan. Atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Nama : Riris immi ireni
Kelas
: 2df01
Npm : 56212446
Tidak ada komentar:
Posting Komentar